Pages

Wednesday 5 June 2013

Tujuan Hukum Islam




1.      Untuk melindungi agama
Yang dimaksud untuk melindungi agama kerena agama merupakan pedoman hidupkerena agama terdapat norma norma/kaidah kaidah yang berisi perintah dan larangan sebagai pedoman hidup dan kehidupan di dunia dan di akhirat.
            Atau katalain norma norma agama juga mengatur  tata cara manusia untuk berhubungan dengan sesama manusia,sesama mahluk lain dan seluruh isi alam serta tata cara berhubungan dengan tuhannya atau yang di sebut dengan hubungan certikal dan horizontal atau yang sering di sebut dengan hablumminannas.
      2.    Melindungi akal
Akal di lindungi karena agar kita dapat membedakan mana hal hal yang baik dan mana hal hal yang buruk
      3.      Melindungi keturunan
Keturunan juga di lindungi karena untuk menjadi pemimpin di dunia dan menjadi khalifah untuk beribadah kepada tuhan untuk menjaga alam semesta dan kelestarian keluarga sehingga lahirlah hukum perkawinan
Rukun kawin;
a.      Calon suami
b.      Calon istri
c.       Wali
d.      dua orang saksi
e.      ijab dan khabul
     4.      Melindungi jiwa
     5.      Melindungi harta
Yang di maksud dengan  hukum islam adalah kaidah/norma yang di tetapkan oleh allah SWT Yang mengatur tentang hubungan manusia dengan allah,manisia dengan manusia,manusia dengan benda,manusia denganalam yaitu bumi,air dan ruang angkasa. Dalam mempelajari hukum islam ada beberapa istilah kunci yang harus di fahami yaitu; 
   1.      Hukum
   2.      Hukm dan ahkam
   3.      Syariah atau syariat
   4.      Fiqh atau fiqih
Kata hukum berasal dari bahasa arab yaitu hukm yang artinya norma,kaidah ukuran,tolak ukur,patokan,pedoman dan di pergunakan untukmenilai tingkah laku atau perbuatan manusia misalnya dalam hukum islam itu dikenal ada hukm/kaidah yang di pergunakan sebagai patokan untuk mengatur perbuatan manusia baik di bidang ibadah mauoun di bidang muamalat yang di sebut dengan AL Ahkam-AL Khamzah yang artinya ada lima kaidah pokok dalam hukum islam yang menjadi pedoman hidup manusia dalam kehidupan sehari hari yaitu;
   1.      Jaiz-mubah
   2.      Sunat
   3.      Makruh
   4.      Wajib
   5.      Haram
Syariah atau syariat adalah jalan yang lurus,yang harus di ikuti oleh setiap orang khususnya yang beragama islam karena memuat ketetapan dan ketentuan dari allah dan rosulnya baik berupa perinta maupun laranganmeliputi seluruh aspek kehidupan manusia.
            Dilihat dari segi ilmu hukum syariat adalah norma hukum atau dasar hukum yang wajib di ikuti oleh semua orang.
Fikih artinya faham/pengertian. ilmu fikih artinya ilmu yang menguraikan norma norma hukum yang terdapat dalam AL Quran dan AL Hadis dan tertulus dalam kitab kitab hadis. Ilmu fikih memahami hukum hukum yang terdapat dalam AL Quran dan AL Hadis dan di terapkan kapada manusia yang dewas, sehat akal yang berkewajiban melaksanakannya, hasil pemahaman tenteng hukum islam disusun dalam kitab kitab fikih misalnya kitab fikih islam karangan Hj sulaiman rasyid kemudian kitab fikih berjudul AL Umm karangan muahammad idris safi
Perbedaan syariah dengan fikih
   1.      Sariat islam di sebut dengan hukum syariat islamik low sedangkan fikih islam di sebut dengan hukum fikih blisa asing juris prodence.
   2.      Syariat bersumber dari Al Quran dan AL Hadis karena merupakan wahyu dari Allah dan sunah nabi muhammad. Fikih bersumber dari kitab kitab fikih yang bersumber dari pemikiran manusia yang memenuhi syarat yaitu para ahli hukum islam.
   3.      Syariat bersifat funda mental dan mempunyai dan mumpunya ruang lingkup yang lebih luas mengatur ahlak dan kaedah . sedangkan fikih bersivat instrumental ruang lingkup terbatas hanya pada perbuatan manusia.
   4.      Syariat berlaku abadi karena bersumber dari Allah dan sunah nabi. Sedangkan fikih merupakan karya manusia yang tidak dapat berlaku abadi bisa berubah dari waktu ke waktu.
   5.      Syariat hanya ada satu menunjukan kesatuan dalam islam. Fikih lebih dari satu menunjukan keragaman seprti majhab majhab.
Pengertian sumber hukum islam
            Jadi sumber hukum islam adalah tempat atau asal mula pengambilan hukum islam, kata sumber hukm islam juga di sebud dalil,dasar hukum islam menurut AL Quran surat anisa ayat 59 yaitu; Allah telah menentukan sendiri sumber hukum islam yaitu manusi wajib taat kebada perintah Allah,rosullulah ulil amri (penguasa)
Pengertian istihat
Adalahusaha sungguh sungguh seseorang ahli hukum menggunakan akalfikirannya dan pengetahuannya untuk mencari jasa hukum terhadap masalah atau kasus kasus yang terjadi dalam masyarakat yang mana masalah tersebut belum ada dalilnya dalam AL quran dan hadis, sementara masyarakat sangat membutuhkanagar segera mencari dasar hukumnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
Macam macam istihat
   1.      Ijmak adalah meruoakan kesepakatan pendapat antar ahli hukum secara kolektif terhadap suatu masalah atau kasus yang dihadapi masyarakat pada suatu tempat dan masa tertentu misalnya kasus seorang suami ingin berpoligami
Uu no 1 tahun 1974 mengatur perkawinan
Pp no 9 tahun 1975 pelaksanaan undang undang perkawinan

   2.      Qiyas adalah menyamakan hukum suatu hal yang tidak terdapat dalam al Quran dan hadis karna persamaan ilat (penyebat/alasannya), misalnya didalam al Quran melarang manusia munum khamar yaitu jenis minuman yangdapat memabukan adapaun ilet dari larangn tersebut adalah adanya penyebap yang memabukan.
Timbul permasalahan dalam masyarakat banyak jenis minuan keras yang memabukan misalnya tuak,bir,dan sebagainya apakah minuma tersebut di larang...??  jawabanya adalah di larang karena ilatnya yang dapat memabukan. Tujuan larangan tersebut adalah untu memelihara akal dan fikiran manusi agar tetap sehat sehingga dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk,sehingga dapat menjaga ketertiban dan martabat manusia.
    3.      AL URF adalah dat istiadat yang di anggap baikdan tidak bertentangan dengan syariat islam dapat di jadikan sumber hukum. Contoh kebiasaan masyarakat jual beli buah masihdi atas pohon dan pembeli memetik sendiri buahnyaadat seperti ini dapat di jadikan sumber hukum tentang jual beli buah buahan. Syarat di berlakukannya AL URF sebagai sumber hukum  adalah kebiasaaan tersebut dianggap baik dan adil dalam masyarakat sudah berlaku turun temurun kebiasaan tersebut mampu memenuhi kebutuhan masyarakat belumdi atur dalam AL Quran dan AL Hadis tidak bertentangan dengan syariah.

No comments:

Post a Comment

moga bermanfaat ^,^

 

Blogger news

Blogroll

About